Thursday, December 6, 2007

"new year"

adymoralist

Mungkin Engkau masi ingat apa yang Engkau rasakan menjelang detik-detik pergantian tahun. Dan mungkin juga banyak kenangan yang engkau dapatkan diakhir detik pergantian tahun itu.

Ribuan atau bahkan jutaan manusia ikut merayakan pergantiannya. Jauh-jauh hari mereka telah merencanakan agenda ini. Dengan berbondong-bondong memenuhi suatu tempat, kadang juga dengan mengadakan convoy mengelilingi kota.

Begitu juga ketika engkau merayakan hari kelahiranmu, penuh harapan dan doa agar engkau bisa lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Atau mungkin juga banyak diantara mereka yang kurang mengerti jelas orientasi agenda mereka atau just having fun.

Namun bagiku agenda untuk menyambut pergantian tahun bukanlah hal yang istimewa, kadang aku juga heran dengan event-event menunggu detik-detik tahun baru itu. Kadangku bertanya (se ola-ola yah, biar tetap santai) “apakah kita telah kehabisan agenda untuk menuju perubahan atau mengharapkan pembaharuan dalam jiwa kita ini ?” seolah-olah malam itu adalah malam yang sangat istimewa dalam hidup kita.

Sebenarnya untuk memulai perubahan itu tidak mesti menunggu pergantian tahun, karna perubahan bisa Engkau mulai dalam setiap detik sekalipun. Dalam setiap langkah dalam lima waktu kita selalu merencakan dan memulai agenda perubahan.

Dan impianku setidaknya disana(Indonesiaku)ada Agenda Besar untuk membimbing anak-anak bangsa dalam mengarungi kehidupan ini didalam Kenduri Cinta, begitu juga denganku.


No comments:

RENDRA DALAM MAKNA

Muhammad Ainun Nadjib Rendra yg kami cintai Berpindah rumahnya Dari penglihatan dan pengetahuan Menuju rumah sejati abadi Yg bernama makna, ...