Tuesday, February 19, 2008

mencari yang sempurna

adymoralist

Sepi sunyi sendiri menulusuri gua kehidupan di malam hari. Sesekali engkau mencoba mempercepat langkahmu untuk meraih Cahaya menemanimu. Dengan penuh janji hati engkau mencoba mensyukuri akan kehadirannya.

Namun ternyata itu adalah Kunang-kunang yang tak bisa terus menemanimu. Dengan sisa kekuatan yang ada engkau terus berharap sampai ketujuan yang engkau impikan. Namun disa’at yang engkau tidak mengerti kapan dan dimana tepatnya. Engkau menemukan lilin kecil yang siap mendampingi perjalanan hidupmu.

Banyak harapan yang engkau berikan padanya. Dan lilin kecil meminta agar engkau tetap selalu bersamanya. Walau nanti engkau melihat yang lebih terang darinya. Lalu engkau berjanji akan menepati permohonannya .

Tak terasa kejenuhanmu mulai timbul dengan cahaya mungil ini. Engkau merasa acuh tak acuh dengan kehadirannya, atau hanya sebatas memenuhi kebutuhanmu melewati kegelapan ini. Engkau belum mengerti benar apa itu memiliki. Karna engkau tidak pernah merasa kehilangan. Kalau memang tidak ingin memiliki mengapa engkau mesti berjanji dan memberi harapan.

Ternyata benar, kehadiran obor yang begitu terang membuat engkau lupa untuk berterimakasih kepada lilin kecil. Engkau campakkan begitu saja dan pergi meninggalkannya sepi dalam kesendirian.

Sebenarnya sejauh apa fungsi cahaya bagimu?!. Aku yakin bukan kecukupan!, tapi pemenuhan kepuasan. Takkan pernah engkau temukan kepuasan walau engkau telah melewati gua gelap itu.

Sebenarnya yang engkau cari adalah keasyikan. Dan keasyikan yang kau kejar itu nagih. sesudah terpuaskan oleh satu keasyikan, akan sepi lagi hidupmu. sehingga terpaksa kau cari keasyikan yang lain dan terpaksa kau susun strategi untuk mengejar keasyikan-keasyikan selanjutnya (slengkapx aliflaammimm)

Semestinya engkau berbuat atas kehendak yang Kuasa Mutlak atas engkau yang diwasilahkan melalui amsal-amsal sosial, tadbir-tadbir sejarah, bunyi hati alam dan masyarakat, swaraning asepi(suara kesunyian) dan kasyiful hijab (terbukanya penghalang). Sehingga engkau mampu mengharamkan dirimu melakukan sesuatu atau menjadi sesuatu atas dasar ambisi pribadi atau karier. Dan engkau baru mampu menjadi budak Yang Maha Kuasa(slengkapx kenduricinta)

alhamdulillah . . .


No comments:

RENDRA DALAM MAKNA

Muhammad Ainun Nadjib Rendra yg kami cintai Berpindah rumahnya Dari penglihatan dan pengetahuan Menuju rumah sejati abadi Yg bernama makna, ...