Monday, October 15, 2007

"Om DJ itu apa sih?"

adymoralist

"Om DJ itu apa sih?" tanya kenalan baru teman kecilku.

sambil bingung jg mikir (sebenarnya kepanjangan "D" n "J" sendiri aku masabodoh yg penting pemahaman global, bahkan yg kebayang dibenakku DJ itu cowok yg biasa di Bar atau Café bertugas sebagai pengatur ritme atau pergantian musik dari CD yang berbentuk lempengan gitu dah).

"emang kenapa?" tanyaku (ya.. itung2 nambah waktu tuk ngumpulin data :d ).

Kgak si Om, tu.. temen2 Om kan dah pada banyak jadi DJ gitu. nah temen angel jg ikutan gabung gitoo.., dj cilik kaleee ( sambil senyum ).

Mmm… , DJ itu... sebutan bagi Penyiar radio. Yang biasa siaran di radio swasta atau negri orientasinya baik entertainment ataupun dakwah.. temen angel bisa jadi sebagai DJ cilik untuk siaran yang berbentuk entertainment, tujuannya ya.. supaya dapat merangkul dan menghibur generasi bangsa yang cilik2 yang sebaya dan seumuran dengan angel :)

Mmm…., gitu…. "makasih Om" jawabnya sambil berlari kembali bergabung dengan konco2nya.

Sebenarnya ane jg penasaran dengan pertanyaan Angel kecilku.
Bahkan sampai dirumah aku mencoba mencari data yang lebih falid sebenarnya apa sih DJ itu.

Ku coba membuka kembali majalah2 thn jebot yg kalee ada berita atau informasi baru bagiku tentang DJ. Semua majalah yg ane buka baik beat majalahnya chord musik, majalah M&G, majalah Bursa Music, semuanya hanya berita foto berupa cowok yg memainkan/memutar musik dari CD yang berbentuk lempengan. Ka...gak ada keterangan jelas kepanjangan DJ itu sendiri.

Akhirnya rujukan terakhirku tentunya Mbah Google yg selalu setia memberiku data apapun itu bentuknya. So katanya "wahai muridku cobalah kau sekali-kali bersilaturahmi ke wikipedia, siapa tau disana jodohmu". mbah mbah, apa hubungannya ? yeeee si mbah ini.

Nah ternyata Istilah "DJ" ini pertama kali digunakan untuk menggambarkan seorang peyiar radio yang akan memperkenalkan dan memainkan rekaman
gramophone
yang populer. Rekaman model ini, juga dikenal sebagai "cakram" dimana dalam industri ini dimainkan oleh peyiar-penyiar radio, oleh karena itu nama disc jockey dan selanjutnya lebih akrab dikenal sebagai DJs atau deejays. Sekarang karena berbagai faktor, termasuk musik yang dipilih, para pendengarnya, penyetelan kinerja, media yang digunakan dan perkembangan dari manipulasi suara, telah menghasilkan berbagai macam teknik DJ.
Aksi fisik daripada seorang DJ adalah memilih dan memainkan rekaman-rekaman suara disebut deejaying, atau DJing dan cakupan kesempurnaan dari memainkan secara sederhana satu seri rekaman-rekaman (terkait pengacaraan, atau menyusun sebuah daftar putar, sampai memanipulasi rekaman-rekaman, menggunakan berbagai teknik seperti audio mixing
, cueing, phrasing, cutting, scratching, dan beatmatching, atau sering juga mengacu pada membuat komposisi musik asli.

aksi memilih dan memainkan rekaman suara untuk pendengar yang menginginkan adalah sama untuk setiap DJ. Musik yang dipilihnya, Media yang digunakan, dan tingkatan kesempurnaan dari manipulasi suara adalah faktor-faktor yang membuat tipe DJ yang berbeda-beda.

Gimana dengan penyiar radio apa jg disebut DJ n kalo iya, ape tugasnya ??

Penyiar radio juga disebut DJ. Seorang disc jockey radio adalah seseorang yang memilih dan memainkan musik yang kemudian dipancarluaskan melalui gelombang radio

N terakhir ni da sedikit data tentangPara DJ Radio yang terkenal :
Christopher Stone
(1882–1965),menjadi DJ pertama di the United Kingdom pada tahun 1927.
Martin Block
(1901-1967), DJ Radio pertama yang menjadi bintang, menginspirasikan istilah "Disco Jockey".
Alan Freed
(1922-1965), menjadi orang pertama yang memperkenalkan musik Rhythm and Blues bangsa Afrika-Amerika di Amerika Serikat dan Eropa dibawah nama Rock and Roll.
Murray "The K" Kaufman
(1922-1982), DJ rock and roll berpengaruh untuk pertama kalinya dibayar sebagai the "Fifth Beatle".
Rog Martin
(lahir pada tahun 1941), DJ pertama yang memutar hit-hit Top 40 di Stereo pada tahun 1968.Sebuah stasiun radio di Los Angeles menjadi buktinya.
Jimmy Savile
(lahir pada tahun 1926), sangat terkenal dalam acara televisi BBC bernama Jim'll Fix It yang mengabulkan permintaan penggemarnya yang kebanyakan anak-anak.Pada tahun 1947 dia menjadi DJ pertama yang menggunakan turntable kembar untuk memutar kontinyu setelah dia membayar seorang pekerja logam setempat untuk mengelas dua deck rekaman menjadi satu.
Dick Clark
,seorang entertainar,lahir pada tahuan 1929,pembawa acara pada American Bandstand,acara musik di televisi dengan masa tayang terlama,dikenal baik sebagai salah satu yang menyatukan acara radio secara nasional.
Casey Kasemlahir pada tahun 1932
,seorang DJ dan ahli sejarah,pembawa acara radio terlama yaitu TOP 40.Juga dikenal sebagai pengisi suara Shaggy di serial kartun Scooby-Doo
Wolfman Jack
(1938-1995), keluar dari kecintaannya pada film-film horor dan rock and roll untuk menciptakan suara aneh,yang sangat disukai,salah satu suara radio yang paling disenangi.
John Peel
(1939-2004).salah satu DJ asli dari acara radio BBC Inggris,Radio 1,dikenal sebagai seorang yang sangat luar biasa pada kesukaannya terhadap musik dan menjuarakan artis-artis yang tidak dikenal.
Jim Ladd
(born 1948), dikenal sebagai salah satu DJ freefrom rock di radio komersial Amerika Serikat

Ternyata jadi DJ juga merupakan ladang empuk untuk memperbaiki ekonomi, salah satunya DJ Romy, DJ nya Indonesia yang udah termasuk katagori A.

Keterangan lebih lengkap bisa baca
di : http://wakwekwok.blogspot.com/2006_09_01_archive.html

angel...... oh angel.....
Sahabat kecilku yg baru,

terimakasih banyak ya dah bantu ane untuk belajar.
Kamu masi murni dari nilai2 kemunafikan alias sok tahu atau bahkan ngibul orang lain :D .
He he he he …

May Allah bless U adik kecil :D

No comments:

RENDRA DALAM MAKNA

Muhammad Ainun Nadjib Rendra yg kami cintai Berpindah rumahnya Dari penglihatan dan pengetahuan Menuju rumah sejati abadi Yg bernama makna, ...